Berita Videos

STOP TRAUMA BENCANA ,LEWAT LAYANAN DUKUNGAN SOSIAL

Dinas sosial sangat berperan penting dalam berbagai kehidupan, terutama ketika terjadi bencana, bidang kebencanaan taruna siaga bencana ataua TAGANA biasanya turun langsung dengan sigap ketika bencana terjadi, namun bukan hanya saja dalam bencana, tanggap darurat bisa juga dilakukan untuk korban yang mengalami trauma healing atau trauma psiko sosial.

Trauma healing (penyembuhan) atau trauma konseling, adalah efek kejiwaan tidak setabil akibat mengalami sesuatu yang mengagetkan, terutama terjadi ketika terjadi sehabis bencana.Karena yang sering di alami para korban bencana adalah trauma, dan bahkan ada ada syok, stress, dan depresi

Pada pasca bencana, Penyuluh Sosial turun mendukung Tagana dalam memberikan Dukungan Psikososial, sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang No 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana pasal 26 point D. setiap orang berhak serta dalam perencanaan, pengoperasian dan pemeliharaan program penyediaan bantuan pelayanan kesehatan termasuk Dukungan Psikososial. Layanan psikososial ditujukan kepada korban bencana yang mengalami trauma dan depresi.

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment