Berita PKH Videos

SAMPAI JULI 2019 DATA KPM GRADUASI DI KAB TASIK MENCAPAI 142 KPM

Penurunan angka kemiskinan tidak lepas dari keberhasilan program bansos, seperti PKH. Dinas sosial selaku leading sector telah menjalankan beberapa program unggulan yang diyakini mampu menurunkan angka kemiskinan. Antara lain, bantuan sosial (bansos) berupa beras sejahtera (rastra), program keluarga harapan (PKH), dan bantuan pemerintah non tunai (BPNT).

KPM Graduasi artinya penerima manfaat atau KPM PKH sudah bisa lepas dari program bansos yang selama ini diberikan pemerintah. Hal itu karena penerima manfaat dinilai telah mandiri secara ekonomi serta tidak lagi memenuhi syarat kondisional sebagai KPM PKH.
Sebut saja enung, KPM di kampong balandongan desa sukaluyu, kec mangunreja telah berhasil menjadi KPM Graduasi dan memiliki empat orang karyawan.

Berkat dana PKH yang di berikan kepada enung tiga tahun silam, enung berhasil keluar dari KPM PKH dengan cara menjahit iket sunda.
Bagi enung, menjadi perajin iket menjadi berkah tersendiri, seiring dengan arahan bupati ade sugianto untuk mempertahankan budaya sunda, atau salasa nyunda, sebab dengan adanya arahan tersebut, enung selaku perajin iket menjadi kebanjiran orderan dan menambah penghasilan.

Kini enung telah sukses, Iket sunda yang enung buat, di pasarkan di singaparna, dan ke intansi terkait yang ada di kabupaten tasikmalaya, perjalanan hidup enung merupakan sebuah contoh perjuangan untuk keluar dari belenggu kemiskinan, , enung yang sekarang bukanlah enung yang dulu, sekarang enung bisa merasakan manisnya menjadi KPM Graduasi Mandiri.

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment