Berita Videos

BASRENG (BAKSO GORENG) SOLUSI MENEKAN URBANISASI DI KAMPUNG BABAKAN KEC. TANJUNG

Kondisi sosial di masyarakat di setiap daerah sangatlah beragam, khususnya di daerah pedesaan kebanyakan masyarakatnya memilih untuk mencari peruntungan dengan merantau ke kota kota besar, hal ini menjadi permasalah tersendiri bagi kota tujuan untuk merantau. Karena di lihat dari sisi kepadatan penduduknya.

Namun tidak demikian bagi masyarakat kecamatan tanjung jaya khususnya, di kampung babakan lebih memilih untuk membuka usaha rumahan berupa basreng, nuget, dan cilok. Kegiatan usaha ini mampu membuka peluang usaha tanpa harus pergi ke kota.

Dinas sosial bidang pemberdayaan masyarakat dan desa melalui program inovasi desa memberikan pandangan bagi masyarakat untuk membuka usaha rumahan, terbukti dengan di bukanya usaha ini dapat menekan angka urbanisasi.

Di kampung babakan bisa di bilang kampung basreng, pasalnya hampir berdiri sepuluh pabrik olahan makanan yang ber produksi, rata rata para pekerja nya adalah masyarakat sekitar, mulai dari anak muda sampai yang paruh baya, olahan ini di distribusikan ke pasar lokal, seperti pasar singaparna, pasar cikurubuk, bahkan tembus sampai provinsi tetangga, seperti jawa dan Sumatra. terbukti dengan berproduksinya basreng, mampu mendongkrak perekonomian warga tanpa harus pergi ke kota.

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment